Latest News

Anies Baswedan Bakal Kaji Usulan 22 Ramadan sebagai Hari Jadi Jakarta



TOPASINDO.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan mengkaji usulan dari Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid terkait 22 Ramadan sebagai hari jadi kota Jakarta. Kata Anies, selama ini hari jadi Kota Jakarta ditetapkan pada 22 Juni, sehingga usulan itu harus dikaji terlebih dahulu.
"Nanti ‎kita Kaji dulu, jadi sejauh ini memang yang resmi peringatannya tanggal 22 Juni, nanti kita kaji," kata Anies usai menghadiri salat tarawih akbar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).
Menurut Anies, untuk mengganti hari besar tidak bisa serta merta atas keputusan sendiri. Sebab, masyarakat mengetahui hari jadi kota Jakarta pada 22 Juni layaknya hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang diperingati pada 17 Agutus.
"Karena seperti juga peringatan 17 Agutus itu peringati sebagai hari kemerdekaan, kita juga tahu 9 Ramadan, hari Jumat itu adalah juga hari kemerdekaan," terangnya.
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, yang terpenting dalam memperingati hari kemerdekaan atau hari jadi kota Jakarta adalah semangatnya. Sebab, perjuangan untuk merebut kota Jakarta dari penjajahan tidaklah mudah.
"Semua kemerdekaan, kemerdekaan di negeri ini diraih lewat perjuangan. Jadi, putera dan puteri negeri ini, termasuk Jakarta adalah para pejuang. Menurut saya semangat itu yang penting," pungkasnya.