Latest News

Go-Jek Cs Didukung Jadi Perusahaan Transportasi, tapi Ada Syaratnya



TOPASINDO - Komisi V DPR RI mendukung upaya pemerintah menjadikan perusahaan aplikator angkutan sewa khusus menjadi perusahaan transportasi untuk menjamin keselamatan dan kesetaraan bagi semua pihak.
"Kami memberikan dukungan politis, berdasarkan hasil kajian dan penjelasan Menteri Perhubungan terkait stiker, KIR uji berkala, SIM A Umum itu berkaitan dengan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan transportasi," ujar Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis, di Jakarta.

Terdapat tiga tuntutan terkait angkutan sewa khusus, yaitu pertama meminta fasilitasi berkaitan dengan kesejahteraan menyangkut tarif. Kedua, berkaitan pendaftaran pengemudi harus dibatasi atau moratorium. Ketiga, disepakati menyangkut angkutan sewa khusus yang sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 108 Tahun 2017.
Anggota Komisi V DPR RI Yoseph Umar Hadi mengatakan angkutan daring itu merupakan sistem, tetapi pelaksanaannya harus mengacu pada peraturan yang sama yaitu PM 108 Tahun 2017 dan peraturan dirjen.
"PM 108 dan peraturan dirjen itu sudah sangat akomodatif sekali. Ini payung hukum yang optimal dan maksimal. Aplikator harus tunduk pada semangat Pancasila. Kesimpulannya adalah dapat kita terima apa kebijakan dari pemerintah tentang pengaturan angkutan online tersebut," kata Yoseph.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi dukungan Komisi V DPR agar aplikator menjadi perusahaan transportasi. "Saya apresiasi mayoritas dari anggota memberikan dukungan kepada Kementerian Perhubungan untuk menegakkan peraturan yang selayaknya untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yaitu jumlah dari angkutan sewa khusus harus dibatasi. Kedua, tarif itu harus standar, tidak boleh rendah dan yang ketiga adalah keselamatan," katanya.
Karena itu, lanjut dia, para aplikator yang diharapkan menjadi perusahaan transportasi harus menaati ketentuan seperti yang diminta oleh mayoritas anggota.
Lebih lanjut pemerintah akan menyusun petunjuk pelaksanaan PM 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang memenuhi aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, keterjangkauan, dan kesetaraan di antara pelaku usaha transportasi.
"Berdasarkan laporan masyarakat dan pengemudi angkutan sewa khusus terhadap pelayanan yang diberikan, terdapat permasalahan antara lain perekrutan pengemudi yang tidak terkendali, penentuan tarif sepihak, kejadian tindak kriminal, pembekuan akun sepihak oleh perusahaan, tidak adanya sanksi terhadap perusahaan aplikasi, pengemudi yang memiliki banyak akun dan ketidaksesuaian identitas pengemudi," ujarnya lagi.

https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 29 320 1904008 go-jek-cs-didukung-jadi-perusahaan-transportasi-tapi-ada-syaratnya-fYmOa3e3rz.jpg