Latest News

6,7 Juta Pemudik Siap Terbang saat Mudik Lebaran 2018

TOPASINDO - Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo mengatakan, pihaknya telah siap untuk memberangkatkan para pemudik menuju kampung halamannya saat momentum Lebaran 2018.
Saat ini, lanjut dia, sebanyak 15 bandara udara yang telah siap untuk mengantarkan pemudik, salah satunya Bandara Kertajati, Majalengka Jawa Barat.
"Dari 6,1 juta tahun lalu, tahun ini terdapat 6,7 juta pemudik. Kalau di Bandara Soetta yang biasanya 160 ribu penumpang jadi 220 ribu penumpang," kata Joko dalam acara Polemik MNC Trijaya Network 'Mudik Asik' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat , Sabtu (2/6/2018).
Joko memastikan, Angkasa Pura II akan selalu siap dalam memfasilitasi pemudik saat Idul Fitri 1439 Hijriah. Berbagai fasilitas seperti mobile chek ini, sampai website chek ini telah dapat membantu penumpang agar tidak berdesak-desakan saat berada di bandara.

"Silakan download aplikasinya di play store. Angkasa Pura juga menyedikan mesin printing. Dimana saat melakukan mobile chek in petugas bisa langsung melakukan printing dan memberikannya kepada calon penumpang," imbuhnya.




Selain itu, pemerintah telah menyiapkan kereta bandara yang berangkat melalui Stasiun Sudirman Baru dengan tarif Rp70 ribu. "Pemudik yang tidak membawa barang banyak, kereta bandara ini sangat membantu," imbuhnya.
Joko mengimbau, pemudik agar berangkat ke bandara dapat meluangkan waktu dua sampai tiga jam saat mudik karena mengantisipasi kemacetan jalanan dari arus lalu lintas biasanya.
Dengan begitu, pemudik tidak perlu khawatir dengan kemacetan jalanan karena diakibatkan tingginya arus lalu lintas warga yang ingin melakukan perayaan Lebaran di kampung halamannya.
"Sekarang marak adanya gunung api yang aktif. Tapi semoga tidak terjadi saat arus mudik, kalau terjadi kita sudah siapkan antisipasi mitigasi," tandasnya.