Latest News

Cara Cerdas Berburu Tiket Kereta Api saat Arus Balik


TOPASINDO -
Tiket kereta api (KA) dari Semarang tujuan Jakarta dan Bandung telah ludes hingga H+8 Lebaran Idul Fitri. Meski demikian, pemudik yang hendak kembali ke perantauan masih bisa beberapa cara untuk mendapatkan tiket perjalanan. Padahal, Senin 25 Juni bisa dipastikan aktivitas perkerjaan sudah berjalan normal.

"Sampai H+8 Lebaran atau nanti Minggu 24 Juni, tiket dari Semarang tujuan Bandung dan Jakarta sudah habis," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, Sabtu (23/6/2018).

Dia menjelaskan, kebanyakan pemudik langsung memesan tiket perjalanan jarak jauh itu dari stasiun asal hingga tujuan. Padahal, masih terjadi kemungkinan ketersediaan tiket untuk perjalanan jarak menengah, dan baru dilanjutkan ke stasiun tujuan.

"Misalnya untuk tujuan Semarang-Jakarta. Bisa dicoba dengan tujuan Cirebon dulu, lalu dari Cirebon pakai kereta lain ke Jakarta. Itu langkah pertama. Kalau enggak mau, bisa dengan mengubah waktu perjalanan," ungkapnya.

Ia menambahkan, arus mudik dan balik masih terjadi hingga saat ini. Berdasarkan data, terdapat 26.112 penumpang yang naik kereta api dari wilayah Daop 4 pada 22 Juni 2018. Sementara jumlah penumpang turun sebanyak 21.664 orang.

"Secara kumulatif sejak 5 sampai 22 Juni 2018, penumpang yang naik berjumlah total 385.711 orang. Sedangkan penumpang yang turun berjumlah total 431.298 orang. Data itu diperoleh hingga kemarin pukul 14.00 WIB," pungkasnya.