Latest News

Jelang Lebaran, Marak Aksi Pencurian Spesialis 'Rumsong' di Bekasi


TOPASINDO.COM -
Sudah bukan rahasia lagi jika musim mudik menjelang Lebaran kerap dijadikan momen bagi pencuri spesialis rumah kosong (rumsong), untuk menjalankan aksi kejahatan. Kondisi rumah yang kosong dan sepi ditinggal mudik menjadi sasaran empuk para pelaku yang leluasa menggasak barang berharga di rumah korban.
Seperti aksi pelaku pencurian rumsong di Perumahan Centra Park Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang nyaris tertangkap warga yang sudah mengepungnya. Pelaku yang diperkirakan berjumlah satu orang itu, lolos tanpa ada satu pun warga yang tahu ke arah mana ia melarikan diri.

Sang pemilik rumah Lenci Pasaribu mengungkapkan, saat kejadian berlangsung, ia bersama seisi rumah sedang berada di luar. Sekembalinya ke rumah, korban kaget mendapati kondisi kamar acak-acakan. Pakaian dari dalam lemari berserakan di lantai dan atas tempat tidur.

"Kondisi rumah sudah seperti ini setelah saya pulang. Kamar acak-acakan. Pakaian dikeluarkan dari dalam lemari," kata Lenci, Sabtu 9 Juni 2018.
Merasa telah menjadi korban pencurian, Lenci pun melapor ke Ketua RT setempat yang kemudian mendatangi kediaman korban. Setelah menyisir dan memeriksa seluruh bagian rumah, Ketua RT memastikan bahwa rumah korban sudah aman.
"Karena dibilang sudah aman, saya masuk bersama cucu-cucu saya, niatnya mau beresin rumah. Waktu di dapur, ada terdengar suara-suara. Pas saya ke kamar mandi, saya lihat ada kaki di atas plafon," paparnya.
"Langsung saya buru-buru ajak cucu ke luar rumah. Karena gemetaran, saya pun sempat lama buka gembok pagar. Setelah itu saya teriak minta tolong ke warga," paparnya lagi.
Mendengar teriakan korban, warga pun berdatangan dan mengepung bagian atap rumah korban, sambil di antaranya membawa pentungan dan potongan kayu.

Setelah menyisir sekitaran atap dan mengepung cukup lama, warga masih tidak berhasil menangkap pelaku. Pihak kepolisian yang datang, kemudian melakukan pengecekan dan meminta keterangan korban, sebelum akhirnya meninggalkan lokasi.
Dari hasil pemeriksaan, diketahui pelaku masuk melalui atap rumah dan merusak plafon. Isi lemari korban juga diacak-acak pelaku, namun tidak mendapat hasil apa-apa.
Kasus ini kini ditangani Polsek Cikarang Utara. Pihak kepolisian juga akan lebih fokus terhadap pergerakan pelaku pencurian rumsong, yang kerap beraksi saat penghuni rumah mudik. Para pemudik juga diimbau agar melakukan pengamanan ekstra sebelum meninggalkan rumah, demi menghindari menjadi korban pencurian.