Latest News

Jokowi ajak politisi hingga ulama amalkan Pancasila dalam kehidupan


TOPASINDO - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak para politikus sampai ulama untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jokowi meyakini, semangat mengamalkan Pancasila dapat mendorong Indonesia menjadi negara maju dan jaya.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (1/6).

"Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustaz, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan. Para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita," ujar dia.

Jokowi mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila harus menjadi momentum untuk mengevaluasi diri. Seluruh elemen bangsa perlu menggali nilai-nilai Pancasila kemudian diaktualisasikan, terutama menyangkut kemajemukan.

"Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia," kata dia.

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, kemajemukan di Indonesia seringkali dibayang-bayangi intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotong royongan. Padahal, Pancasila sudah hadir untuk menyatukan kemajemukan dan mengajarkan pentingnya toleransi.

"Oleh karena itu, saatnya kita berbagi pengalaman dalam ber-Bhinneka Tunggal Ika dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," kata Jokowi.