Latest News

Kapolri Minta Pemudik Tak Pulang saat Puncak Arus Balik

TOPASINDO.COM -  Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta pemudik menghindari puncak arus balik pada tanggal 18-20 Juni 2018. Masyarakat diminta melakukan perjalanan pulang lebih awal atau setelah puncak arus balik selesai.

"Saya minta masyarakat melihat dan tidak pulang tanggal 20, kalau memang bisa pulang tanggal 17," kata Tito di Komplek Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/6/2018).

Tak hanya itu, jenderal bintang empat ini juga mengimbau agar masyarakat yang hendak melakukan perjalanan pulang sebaiknya lebih dulu melihat kondisi jalan melalui aplikasi lalu lintas atau media sosial.



"Kalau lebih cerdas minta cuti tanggal 21 dan 22 Juni," ujarnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menilai, puncak kepadatan kendaraan bakal terjadi di Jawa Barat dan Jakarta. Namun, Tito memastikan pihaknya telah menyiapkan beberapa mekanisme untuk mengantisipasi kepadatan jumlah kendaraan pada arus balik nanti.

"Nanti ada beberapa mekanisme yang kita lakukan terutama di Cipali dan pintu tol Jawa Tengah manyaran dan Kertasari, kemudian Cipali dan rest area sudah dipasang, kalau terjadi arus yang luar biasa kita tinggal one way sampai Cikarang Utama," pungkas Tito.