Latest News

Mudik Menggunakan Motor 2018 Turun, Ini Penjelasan Polisi


 TOPASINDO.COM -
Mudik menggunakan kendaraan sepeda motor kerap menjadi pilihan bagi sebagian orang karena terbatasnya kemampuan ataupun tak mendapatkan tiket mudik menggunakan moda transportasi darat lainnya.

Di sisi lain pemudik menggunakan sepeda motor kerap menyumbang angka kecelakaan yang cukup besar setiap tahunnya. Polisi dan instansi pemerintah sendiri tak kurang gencar mengimbau agar para pemudik tidak menggunakan sepeda motor.

Hadirnya program mudik gratis sendiri sangat diapresiasi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengklaim tahun ini terjadi penurunan pemudik menggunakan sepeda motor, dan meningkatnya pemudik menggunakan roda empat.

"Tahun ini kita mencatat terjadinya penurunan pemudik yang menggunakan sepeda motor, namun pemudik menggunakan roda empat naik," ujarnya di sela pelepasan mudik bareng PT Astra Honda Motor, Minggu 10 Juni 2018.

Penurunan angka pemudik menggunakan sepeda motor sendiri juga diamini Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara. Angka pemudik yang menggunakan motor mulai berkurang.

"Pemudik menggunakan sepeda motor tahun ini berkurang sebesar 30 persen," papar Pagara.
Ia menambahkan, penurunan angka pemudik sepeda motor ini tak lepas dari peran perusahaan swasta dan BUMN yang tiap tahun gencar melaksanakan program mudik gratis bagi masyarakat luas.
"Salah satu faktornya yakni program mudik gratis, dimana pemudik bisa dengan nyaman melakukan perjalanan menuju kampung halaman dengan nyaman dan aman," pungkasnya.