Latest News

Pemudik Keluhkan Sistem Rekayasa Lalu Lintas, Menhub: Saya Minta Maaf


TOPASINDO -
Sistem lawan arah (contraflow) dan satu arah (one way) yang dilakukan di Tol Cikampek untuk mengurai kemacetan menimbulkan keluhan dari masyarakat. Minimnya informasi kedua sistem tersebut dikeluhkan pengendara.

Merespons hal itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta maaf atas rekayasa lalu lintas. Untuk itu Budi berjanji akan mensosialisasikan ketika rekayasa lalu lintas diberlakukan.

"Saya pribadi akan minta maaf kita akan coba sosialisasikan kemungkinan rekayasa yang akan dilakukan," kata Menhub Budi, saat meninjau kesiapan di Terminal Kampung Rambutan dalam menyambut arus balik pemudik, Selasa, (19/6/2018).

Meski begitu Budi mengungkapkan, pihaknya dalam hal ini pemerintah sudah memberikan penjelasan untuk memberlakukan sistem contraflow maupun one way untuk mengurai kemacetan. "Jadi gini sebenarnya, pemerintah sudah berikan penjelasan bahwa satu rekayasa yang akan kita lakukan contraflow dan kedua one way," tukasnya.

Sebelumnya, PT Jasamarga Cabang Tol Jakarta-Cikampek melalui dekresi pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah atau one way arah Jakarta, pada arus balik, Senin (18/6/2018) malam hingga Selasa (19/6/2018) pagi tadi.

Hal ini dilakukan pengelola ruas tol tersebut guna mengurai kepadatan kendaraan pemudik yang mengalir dari arah Cikampek menuju Jakarta mulai dari KM 65 sampai dengan KM 01 Halim terhitung, sejak pukul 22.20 WIB–06.00 WIB.