Latest News

Sejarah Baru, Kementan Terima Opini WTP dari BPK Dua Kali Berturut-turut

TOPASINDO - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan hasil pemeriksaan laporan keuangan Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2017 dengan hasil opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal ini dilakukan dengan penyerahan Laporam Keuangan Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (LHP LKKL) oleh Anggota IV BPK Rizal Djalil kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman.


"Untuk laporan keuangan Kementerian Pertanian dengan opini tetap sama tahun lalu, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," ujar Rizal di Gedung Kementan, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Rizal menyatakan, salah satu penilaian dati laporan keuangan yakni berdasarkan standar yang diatur oleh pemerintah, sehingga bukan penilaian subjektif dari BPK.
"Untuk memberikan keyakinan apakah laporan keuangan itu telah disajikan secara material atau basis akutansi yang berlaku umum di Indonesia, kriterianya adalah kesesuaian dengan standar akutansi pemerintah bukan akuntansi yang dibuat BPK," katanya.
Disisi lain, dirinya memberi masukan kepada Kementan agar dapat membuat data acuan mengenai luas panen secara periodik sehingga tidak hanya bergantung pada Badan Pusat Statistik (BPS). Hal ini dimaksudkan agar pengambilan keputusan mengenai kebijakan pangan bisa segera diputuskan tanpa harus menunggu data dari BPS.

"Pusat data pertanian tingkatkan lagi kemampuannya dalam memantau luas panen secara periodik. Sehingga jadi pembanding dengan data BPS. Kalau data BPS lambat bisa gunakan data Kementan untuk menentukan kebijakan pengadaan pangan," jelasnya.
Sementara itu, Menteri Amran mengapresiasi seluruh pihak Kementan yang telah bekerja keras dalam pemeriksaan dengan pihak BPK hingga mampu mendapatkan opini WTP.
"Terima kasih atas kerjasama yang sangat baik, ini sejarah baru bagi Kementan mendapatkan opini WTP dua tahun berturut-turut. Ini kebanggaan kita semua, hasil kerja keras kita termasuk support hingga bisa mendapatkan penilaian ini," ujarnya dalam kesempatan yang sama.



Sumber berita dari Okezone.com