Latest News

Speedboat Berpenumpang 15 Wisatawan Asing Terbakar di Perairan Taman Komodo




Topasindo.com - Sebuah speedboat bernama KM Molise bermesin Evenrod 600 PK milik perusahaan Alba Cruise hangus terbakar di perairan Taman Nasional (TN) Komodo, tepat di depan Pulau Padar, Kabupaten Manggarai Barat.

Speedboat  berpenumpang 15 wisatawan asing yang hendak berwisata ke pulau itu ludes terbakar pada Selasa 7 Agustus 2018 Pukul 09.30 Wita. Beruntung, para penumpang yang berasal dari Prancis, Inggris, Belanda, Amerika Serikat dan Portugal serta para kru kapal selamat.

Informasi yang dihimpun Beritapusat99  dari Labuan Bajo, kejadian berawal saat kapal yang membawa 15 wisatawan asing itu berkeliling di sejumlah pulau kawasan TN Komodo. Sumber itu menyebutkan tepat pukul 07.30 Wita, KM Molise mulai bergerak dari dermaga Hotel Laprima dengan tujuan Pulau Padar, Pulau Komodo dan Pulau Kanawa.

Bersama 15 penumpang, nahkoda kapal bernama Omanus Kristanto Manto (30) bersama dua krunya masing-masing Doni dan Cian memulai perjalanan wisata itu. Setelah hampir dua jam perjalanan atau tepat Pukul 09.00 Wita, setelah sampai di perairan Pulau Padar, salah satu mesin kapal mati. Nahkoda lalu memerintahkan dua anak buahnya memompa bahan bakar kapal. Setelah itu nahkoda coba menghidupkan kembali mesin.

Percobaan itu dilakukan tiga kali namun tak membuahkan hasil. Nahkoda lalu memutuskan untuk melanjutkan perjalanan hanya dengan satu mesin yakni bagian kanan. Aksi paksa nahkoda itu membawa dampak buruk. Sesaat sebelum tiba di dermaga Pulau Padar, mesin kiri yang tadinya tak bergungsi itu tiba-tiba meledak. Para penumpang pun panik. Dengan jaket penyelamatan yang sudah digunakan sebelumnya, para penumpang kapal lalu menyelamatkan diri dengan terjun ke laut.